Lumpia Khas Semarang
|

Wajib Kamu Cicipi! 10 Oleh-Oleh Khas Semarang

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, menyimpan banyak sekali fakta unik Kota Semarang yang wajib kita tahu. Semarang, tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang memikat lidah. Kota ini memiliki beragam oleh-oleh khas yang tak hanya lezat, tetapi juga menggambarkan keunikan budaya Semarang. Mari kita bersama-sama menjelajahi 10 oleh-oleh khas Semarang yang akan memanjakan selera Anda.

Oleh Oleh Khas Semarang

Untuk Anda yang tengah melakukan perjalanan bersama dengan keluarga, kemudian menginap di salah satu hotel di Semarang, jika Anda kebingungan untuk mencari-cari makanan ataupun buah tangan yang akan Anda bawa jika pulang ke kampung halaman, tenang saja. Kami akan merekomendasikan beberapa makanan khas Semarang yang tentunya cocok di lidah Anda.

1.  Lumpia Khas Semarang

Lumpia Oleh-oleh Khas Semarang
Lumpia Khas Semarang
Sumber : detik.food

Salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari Semarang adalah lumpia. Lumpia Semarang tidak hanya menyajikan cita rasa yang lezat tetapi juga memiliki sejarah panjang yang melekat pada kota ini. Lumpia Semarang umumnya terbuat dari adonan kulit lumpia yang tipis, diisi dengan rebung, tahu, udang, telur, dan daging ayam cincang. Kemudian, lumpia ini disajikan dengan saus kacang yang khas, menambah kelezatan dan keunikan rasa.

Lumpia Semarang dikenal dengan cita rasanya yang unik. Kulit lumpia yang tipis dibalut dengan isian rebung, ayam cincang, udang, telur, dan sayuran segar, serta disajikan dengan saus yang khas. Rasanya yang gurih, segar, dan renyah membuat lumpia Semarang menjadi oleh-oleh yang diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

2. Bandeng Presto Semarang

Bandeng Presto Oleh oleh khas Semarang
Bandeng Presto Semarang
Sumber : masakandapurku.com

Bandeng presto adalah jenis oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Ikan bandeng yang diolah dengan metode presto menghasilkan daging ikan yang lunak, empuk, dan mudah terpisah dari tulang. Proses presto ini memberikan sentuhan khusus pada daging bandeng, sehingga rasanya lebih nikmat dan gurih. Bandeng presto biasanya disajikan dalam kemasan vakum untuk memastikan kelezatannya tetap terjaga selama perjalanan pulang.

Salah satu oleh-oleh khas Semarang lainnya yang patut dicoba adalah Bandeng Presto. Proses presto-nya membuat daging bandeng menjadi lembut dan mudah melekat dengan tulangnya. Rasa gurih dan lembutnya daging bandeng presto akan membuat Anda ketagihan!

3. Menikmati Kelezatan Wingko Babat

Wingko Babat oleh oleh khas Semarang
Wingko Babat
Sumber : cookpad.com

Wingko Babat adalah oleh-oleh khas Semarang yang terkenal dengan kelembutan dan kelezatannya. Terbuat dari kelapa parut, ketan, dan gula kelapa, Wingko Babat memiliki tekstur kenyal yang unik. Proses pembuatannya yang tradisional, yakni dipanggang menggunakan arang kelapa, memberikan rasa khas yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Setiap gigitan akan membawa Anda merasakan manisnya tradisi kota Semarang.

Wingko Babat merupakan kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut dan ketan. Kue ini memiliki rasa manis gurih yang khas dan tekstur yang kenyal di setiap gigitannya. Dengan aroma kelapa bakar yang menggoda, inilah oleh-oleh yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

4. Sensasi Manis Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu
Kue Sarang Madu
Sumber : sonora.id

Kue Sarang Madu adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang menggoda dengan keunikan bentuknya. Terbuat dari campuran kuning telur, gula, dan terigu, kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang istimewa. Bentuknya yang menyerupai sarang madu memberikan sentuhan estetis pada kue ini. Dengan setiap suapannya, Anda akan merasakan kesenangan rasa yang luar biasa.

Kue Sarang Madu adalah penganan khas Semarang yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu, tepung terigu, telur, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam, serta memiliki cita rasa manis dan gurih yang begitu memikat.

5. Nikmatnya Tahu Petis Semarang

Tahu Petis oleh oleh khas Semarang
Tahu Petis Semarang
Sumber : bosmeal.com

Tahu petis adalah oleh-oleh khas Semarang yang memukau dengan perpaduan rasa pedas dan gurih. Tahu yang digoreng dengan sempurna kemudian disajikan dengan saus petis yang khas. Saus petis yang digunakan memberikan sentuhan pedas yang pas, menciptakan harmoni rasa yang sulit diungkapkan. Tahu petis ini menjadi pilihan yang sempurna untuk pecinta makanan yang menginginkan pengalaman rasa yang berbeda.

Tahu Petis merupakan camilan khas Semarang yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disiram dengan saus petis khas Semarang. Rasa gurih dan manis dari petis akan menyatu sempurna dengan kelezatan tahu yang renyah di luar dan lembut di dalam. Sangat cocok untuk dicicipi selama perjalanan pulang!

6. Keunikan Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso Ungaran
Tahu Bakso Ungaran
Sumber : cookpad.com

Tahu bakso Ungaran adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang unik dan lezat. Tahu yang diisi dengan bakso ini memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Tekstur tahu yang lembut dipadu dengan kenyalnya bakso menciptakan perpaduan yang luar biasa. Biasanya disajikan dengan kuah khas, tahu bakso Ungaran menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan perut Anda.

Selain pergi ke Semarang, cocok juga untuk Anda pergi ke salah satu daerah dekat dengan Semarang. Ungaran, menjadi salah satu daerah penghasil tahu bakso terenak yang pernah dibuat. Jika Anda tengah berjalan-jalan ataupun melakukan perjalanan bisnis menggunakan layanan sewa Alphard Semarang, jangan lewatkan membawakan tahu bakso khas Ungaran ini untuk keluarga ataupun rekan bisnis Anda.

7. Sensasi Rempeyek Tumpi Semarang

Rempeyek Tumpi Semarang
Rempeyek Tumpi Semarang
Sumber : sonoraid

Rempeyek tumpi adalah camilan khas Semarang yang menggoda dengan kekriukan dan kelezatannya. Terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan bumbu khas, rempeyek tumpi dihasilkan melalui proses pemanggangan yang cermat. Setiap gigitan akan membawa Anda merasakan kriuknya rempeyek yang disertai dengan kelezatan rasa yang sulit dilupakan.

8. Menyelami Kelezatan Waiki Lapis Legit

Waiki Lapis Legit
Waiki Lapis Legit
Sumber : hollifood

Waiki Lapis Legit adalah oleh-oleh khas Semarang yang telah terkenal hingga mancanegara. Kue lapis legit ini menggoda dengan kelezatan lapisan demi lapisan yang begitu nikmat. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, waiki lapis legit memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang kaya. Setiap potongannya memberikan pengalaman rasa yang memanjakan lidah.

9. Kelezatan Ayam Tulang Lunak Semarang

Ayam Tulang Lunak Semarang
Ayam Tulang Lunak Semarang
Sumber : radarsemarang

Ayam tulang lunak adalah hidangan khas Semarang yang patut dicoba. Daging ayam yang empuk dan lezat dipadu dengan bumbu khas Semarang, menciptakan sensasi rasa yang menggoda selera. Proses memasaknya yang menggunakan teknik khusus membuat tulang ayam menjadi lunak dan bisa dimakan bersama dengan dagingnya. Ayam tulang lunak menjadi bukti keahlian kuliner yang melekat dalam budaya makan Semarang.

10. Nikmatnya Kopi Banaran Semarang

Kopi Banaran Semarang
Kopi Banaran Semarang
Sumber : blogspot

Sebagai penutup perjalanan kuliner Anda di Semarang, jangan lewatkan Kopi Banaran. Kopi ini berasal dari perkebunan kopi di daerah Banaran, Semarang. Dengan cita rasa yang khas dan aroma yang menggoda, Kopi Banaran menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dijadikan kenang-kenangan. Bagi pecinta kopi, menikmati secangkir Kopi Banaran akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Menutup Perjalanan dengan Membawa Oleh-Oleh Khas Semarang

Dengan menjelajahi kelezatan 10 oleh-oleh khas Semarang di atas, Anda akan membawa pulang bukan hanya sekadar barang, tetapi juga potongan sejarah dan budaya kuliner kota ini. Setiap oleh-oleh memiliki cerita sendiri, dan setiap gigitan adalah pengalaman baru. Jadi, saat melangkah keluar dari Kota Atlas ini, pastikan Anda membawa pulang sejumput kenangan manis dalam bentuk oleh-oleh khas Semarang. Jangan lupa untuk menggunakan sewa mobil Semarang jika Anda memutuskan untuk berlibur atau melakukan perjalanan bersama dengan keluarga ataupun bersama dengan rekan kerja. Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda!

Author