seni kuda renggong

7 Fakta Unik Sumedang yang Harus Kalian Ketahui

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Dijuluki sebagai ‘Kota Tahu’, karena di Sumedang menghasilkan tahu yang menjadi salah satu kuliner khasnya. Rasa tahunya khas dan unik, sangat memanjakan lidah, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sumedang.

Keindahan alam yang masih asri bisa kita temukan di Sumedang. Namun, keindahan Sumedang tidak hanya tercermin dari panorama alamnya. Kota ini memiliki keunikan yang mendalam dalam sejarah, seni, dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Nah, pada artikel ini kami akan menyajikan beberapa fakta unik Sumedang, ‘Kota Leutik Campernik’ yang berada di Jawa Barat.

ilustrasi fakta unik sumedang

Fakta Unik Sumedang

Sumedang, kota kecil ini cocok dijadikan destinasi liburan. Ada banyak fakta unik dan menarik dari Sumedang, beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Legenda Tahu Bungkeng Sumedang

Seperti yang kita ketahui Sumedang terkenal dengan sebutan Kota Tahu. Melakukan perjalanan di Sumedang, di setiap jalannya anda akan menemukan para pedagang tahu. Nah, Perintis atau cikal bakal dari tahu sumedang itu sendiri yaitu Tahu Bungkeng.

Tahu Bungkeng ada sejak tahun 1917. Tahu Bungkeng ini awalnya dibawa oleh orang Tiongkok bernama Ong Kino, yang melakukan perdagangan di Kota Sumedang. Kemudian, ketika Ong Kino pulang ke Tiongkok, usahanya tersebut diwariskan pada anaknya bernama Ong Bun Keng.

Di Sumedang itu sendiri, tahu bungkeng sangat terkenal karena cita rasanya yang enak dan gurih. Apalagi jika dinikmati dengan cabai rawit.

Terdapat Waduk Kedua Terbesar di Indonesia

Di Sumedang terdapat waduk kedua terbesar di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur, yaitu Waduk Jatigede. Dengan luas mencapai sekitar 4.946 Ha, waduk Jatigede sebagai salah satu fakta unik Sumedang ini menawarkan keindahan. Waduk ini membendung aliran Sungai Cimanuk.

Tujuan utama pembangunan Waduk Jatigede yaitu sebagai penyediaan air irigasi. Waduk ini dirancang untuk mengalirkan air ke area pertanian di sekitarnya, mendukung produktivitas pertanian dan ketahanan pangan.

Selain itu, juga berfungsi sebagai pembangkit listrik. Sebagai pembangkit listrik, Waduk Jatigede juga memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan energi di wilayah sekitarnya.

Karena memiliki pemandangan cantik, Waduk Jati Gede juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Bahkan di sekitarnya saat ini sudah banyak dikembangkan destinasi baru.

Lokasi Makam Pahlawan Cut Nyak Dien

Selain kaya akan keindahan alam dan budaya, Sumedang juga kaya akan warisan sejarah. Di Sumedang terdapat makam pahlawan Cut Nyak Dien. Beliau lahir di Aceh, namun tinggal dan meninggal di Sumedang.

Cut Nyak Dien dibuang oleh Belanda pada tahun 1906. Beliau wafat pada tahun 1908 dan dimakamkan di Sumedang.

Kesenian Kuda Renggong

seni kuda renggong

Fakta unik Sumedang lainnya yaitu adanya kesenian Kuda Renggong. Kuda Renggong adalah sebuah seni pertunjukan tradisional dari daerah Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Kuda Renggong Sumedang masih dilestarikan dan dipertahankan oleh masyarakat setempat. Pertunjukan ini biasanya diselenggarakan dalam berbagai acara adat, upacara, festival, atau perayaan tradisional.

Pertunjukan ini melibatkan keterampilan khusus kuda dalam menari dan melangkah seiring dengan irama musik yang dimainkan. Para penampil atau pawang kuda memiliki peran penting dalam melatih dan mengarahkan gerakan kuda untuk menciptakan tarian yang indah dan menarik.

Pertunjukan Kuda Renggong Sumedang didukung oleh alat musik tradisional seperti gamelan dan kendang. Irama musik ini menjadi panduan bagi kuda dan penari untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi.

Jalan Cadas Pangeran

Di Sumedang, Jalan Cadas Pangeran itu sendiri terkenal sebagai jalan angker. Jalan ini membentang di antara dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Sumedang Selatan.

Jalan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda atau lebih tepatnya pada masa kepemimpinan Gubernur Daendels. Jalan ini sudah berusia sekitar 200 tahun. Jalan ini dinamakan sebagai Jalan Cadas Pangeran untuk mengenang Pangeran Kornel yang gugur dalam memperjuangkan rakyat Indonesia.

Di sepanjang jalan anda akan melihat tebing dan jurang. Jalan ini rawan longsor bahkan pernah terjadi longsor besar pada tahun 1995 dan 2000.

Fakta Unik Sumedang: Kaya Akan Kuliner

kuliner sumedang

Selain tahu, di Sumedang juga ada beberapa makanan khas lainnya yang wajib dicoba. Bahkan makanan-makanan ini terkenal hingga keluar daerah.

  • Ubi Cilembu. Ubi Cilembu khas Sumedang terkenal dengan rasanya yang manis. Rasanya khas berbeda dengan ubi-ubi lainnya. Ciri khas dari ubi ini yaitu ketika dipanggang akan mengeluarkan cairan berwarna coklat seperti madu. Ubi Cilembu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sumedang.
  • Opak Conggeang. Opak merupakan makanan berbahan dasar beras ketan, disajikan sebagai makanan ringan. Opak dimasak dengan cara dipanggang, rasanya gurih dan renyah. Conggeang itu sendiri merupakan salah satu kecamatan di Sumedang, sebagai sentra pembuatan makanan tersebut.
  • Oncom. Oncom Sumedang memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari oncom-oncom lainnya. Oncom Pasir Reungit adalah oncom yang terkenal enak di Sumedang. Oncom ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan nikmat. Bahkan hanya digoreng rasanya sangat enak.
  • Kadedemes. Makanan ini mungkin masih terdengar asing di telinga. Ini merupakan hidangan oseng-oseng kulit singkong bagian dalam. Ditumis dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, tomat dan berbagai bumbu penyedap lainnya.
  • Sale Pisang. Makanan ini terbuat dari Pisang yang dikeringkan. Rasanya manis dan bikin ketagihan, apalagi jika dinikmati dengan teh hangat.

Kaya Akan Tempat Wisata

Selain terkenal akan makanan khasnya, Sumedang juga terkenal akan destinasi wisata menariknya. Ada banyak tempat wisata Sumedang yang wajib dikunjungi saat anda berlibur, beberapa di antaranya seperti berikut ini.

  • Gunung Tampomas
  • Curug Gorobog
  • Puncak Damar Jatigede
  • Museum Prabu Geusan Ulun
  • Situ Biru Cilembang
  • Curug Ciputrawangi
  • Tahura Gunung Kunci
  • Kampung Toga
  • Dan lain sebagainya

Setelah mengetahui fakta unik Sumedang, apakah anda tertarik untuk berlibur? Khususnya untuk warga Jakarta, anda bisa memanfaatkan travel Jakarta Sumedang bersama Belvania Trans. Menawarkan banyak kelebihan, mulai dari layanan ramah, armada prima, harga terjangkau hingga fasilitas menarik.

Author

  • Brenda

    Seorang SEO Content Writer dengan pengalaman setidaknya selama 2 tahun. Rutin menulis artikel tentang travel, wisata, dan kuliner di Belvania Trans